Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Dalam mengerjakan
pengolahan angka di Microsoft Excel tentu banyak sekali rumus atau
fungsi-fungsi yang banyak digunakan untuk mempermudah penghitungan tanpa
menghitung manual. Pada postingan yang lalu kita belajar sedikit tentang Mengenal Penggunaan Fungsi Logika IF
Dalam Microsoft Excel sekarang kita akan belajar
tentang Penggunaan Fungsi Hlookup dan Vlookup Dalam Microsoft Excel.
Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang
disusun dalam format vertikal.
Rumus :
=VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num)
=HLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom).
Contoh Penggunaan :
Disini saya membuat contoh untuk menentukan harga kita harus
mengambil data dari TABEL 1 setelah itu dikali dengan menginap perhari. Kita
gunakan rumus =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) untuk
menemukan harga disini saya menggunakan tanda $ dolar pada penentuan tabelnya
dengan menekan F4. Berikut rumus untuk menentukan harga pada dokumen yang
saya buat =VLOOKUP(C4;$E$20:$H$22;3)*F4
Fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang
disusun dalam format horizontal.
Rumus :
=HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num)
=HLOOKUP(nilai kunci, letak table, nomor baris)
Contoh Penggunaan :
Dalam contoh ini saya membuat sebuah kolom untuk menentukan paket hiburan
mengunakan fungsi HLOOKUP untuk mengambil data ditabel PAKET HIBURAN MALAM.
Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat. Terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar